Kilas Balik Sepak Terjang FMC 2021

Kilas Balik Sepak Terjang FMC 2021

Jurnalistik HIMATIIKA Vektor UM – Pandemi yang saat ini masih melanda negeri ini tidak menjadi sebuah halangan dalam pelaksanaan Fun Mathematics Competition atau yang lebih mudah disingkat dengan FMC. Pada tahun ini, FMC 2021 telah berjalan dengan baik meskipun kembali diselenggarakan secara online seperti tahun sebelumnya. Alur pelaksanaan FMC ini terdiri atas babak penyisihan yang dilaksanakan pada tanggal 11 Juli 2021, babak semifinal pada 18 Juli 2021, dan babak final pada 24 Juli 2021.

Perlu banyak persiapan tentunya untuk menyukseskan acara besar seperti FMC 2021 ini. Butuh waktu sekitar 2 bulan lamanya untuk mempersiapkan semua hal. Walaupun terbatasnya akses untuk bertemu, seluruh panitia tetap melakukan koordinasi dalam jaringan secara maksimal. Tentunya butuh banyak komunikasi dalam melangsungkan seluruh koordinasi terkait banyak hal seperti masalah sistem perlombaan, media partner, sponsor, publikasi, dan lain sebagainya. Pada awal masa pendaftaran terdapat sedikit kendala mengenai jumlah peserta yang mendaftar. Memang tahun ini peserta yang didapat belum bisa memenuhi target. Ditinjau dari situasi di masa pandemi seperti ini serta dekatnnya acara FMC 2021 dengan event besar lainnya, tentu menjadi tantangan tersendiri bagi panitia dalam mencari peserta. Namun, semua perjuangan panitia terbayar dengan suksesnya acara dan antusiasme para peserta.

Antusias dari peserta sangat terlihat di dalam kompetisi ini. Hal tersebut terlihat dari bagaimana kontribusi para peserta memahami setiap hal-hal yang sudah dijelaskan sebelum pelaksanaan, pengerjaan soal-soal yang diberikan, serta mematuhi segala peraturan yang telah ditetapkan bersama. Butuh perjalanan yang panjang dalam pelaksanaan FMC 2021 hingga melahirkan sang juara. Terhitung hampir 3 minggu lamanya, karena setiap minggu hanya dilangsungkan 1 babak. Pada babak penyisihan, para peserta langsung bertanding melalui website. Untuk tahun ini kami mendapat bantuan dari pihak Sibiti untuk menyiapkan website ujian. Sementara babak semifinal dan final sendiri dilaksanakan dengan tatap muka, tentunya masih secara online. Hanya 15 tim yang berhak bertanding di babak semifinal. Dari 15 tim tersebut, hanya 4 tim saja yang bisa melanjutkan perjalanannya di babak final. Semangat membara tampak jelas di babak final ini. Para pembaca masih bisa menyaksikan keseruan babak final ini di kanal Youtube “Himatika Vektor UM Official”.

Pengumuman juara langsung diumumkan pada hari pelaksaan final dengan perolehan skor tertinggi, yakni 588 yang jatuh kepada Tim B yakni tim dari Universitas Gadjah Mada. Penyerahan piala secara simbolik kepada juara pertama langsung diberikan oleh Bapak Mohammad Agung S.Pd, M.Sc selaku dosen pendamping Himatika Vektor.

Kemudian FMC 2021 ini, secara resmi ditutup oleh Bapak Mohammad Agung S.Pd, M.Sc selaku dosen pendamping HIMATIKA Vektor.

Pada Minggu (25/07/2021), Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor telah berkesempatan mewawancarai perwakilan tim para juara dalam FMC 2021 ini yakni tim dari perguruan tinggi Institut Teknologi Bandung, Yusuf Firdaus Arifi.

Event yang oke dan menyenangkan. Lumayan mengobati kangen dan menambah kesibukan, kita bertiga sudah lama banget gak ngerasain iklim kompetisi di lomba sejenis olimpiade matematika gini. Panitia juga ramah, thanks!” ungkap Yusuf Firdaus Arifi.

Menurut Muhammad Nur Alamsyah, perwakilan juara dua FMC 2021, beberapa persiapan yang dilakukannya adalah persiapan fisik, mental, materi, dan yang terpenting adalah kesehatan dimana sekarang menjadi hal penting yang harus dijaga.

Sistem di FMC 2021 menurut para finalis cukup memuaskan, terbukti dengan kalimat yang disampaikan oleh perwakilan dari juara tiga, Muhammad Sholehuddin Yusuf, “untuk di final saya suka sama sistemnya. Tahun ini cukup bagus dan lebih suka dengan sistem yang sekarang ketimbang tahun lalu. Namun, pas babak kedua di soal wajib, nilai soal saat menjawab benar nilainya kurang besar sehingga kurang berpengaruh di akumulasi nilai akhir, tidak seperti nilai presentasi dan taruhan”.

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor juga berkesempatan untuk meminta menyampaikan pendapat mengenai kesan serta harapan FMC ke depannya dari I Komang Sadhu, selaku perwakilan juara pertama FMC 2021, “untuk kesannya, saya senang karena menang.” Ungkapnya sembari tertawa senang.

“Harapan untuk FMC tahun berikutnya, bisa mencoba untuk lebih gencar dalam publikasi lagi agar lebih banyak peserta yang ikut dan mungkin hadiahnya bisa ditambah karena anak kuliahan tidak memandang harus juara berapa yang terpenting jika hadiahnya besar pasti akan ikut,” pungkasnya.

Sekali lagi kami ucapkan selamat kepada para pemenang FMC 2021. Bagi yang belum berkesempatan, tetap semangat karena masih banyak kesempatan lainnya yang dapat dicapai. Sampai jumpa di acara HIMATIKA Vektor selanjutnya!

 

Reporter: Laynufar Silsilia Alhila, Noniek Wijayanti Sartono Putri.

Redaktur: Salsabila Ayu Zhiana Putri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top